MAILING LIST

ABSTRAK
Aims of wrote how using mailing list other as media alternative of discussion and the source of study. This tool can solve the problems found in study and learning activity, that always depend on time, place and people using for source of study. Stack of file fulfill the cabinet, complication on sorting the data and etc. Now, with connectivity of Personal Computer, student can gather information from various sources. At any time, any place and of course any expert or maybe professor from anywhere.
PENDAHULUAN
Banyak ajang diskusi yang disuguhkan dalam layanan di internet. Ajang ini bisa dikatakan efektif karena banyak sekali pelanggan yang aktif berdiskusi dalam layanan ini. Berbagai fasilitas di internet menyuguhkan berbagai forum diskusi yang cukup efektif dan efisien melayani para peminat ajang diskusi di internet.
Salah satu ajang diskusi/kelompok diskusi online adalah mailing list. kelompok diskusi ini banyak tersedia di beberapa server besar seperti Yahoo dan Google. Namun selain kedua server tersebut, ada juga yang menyediakan layanan mailing list seperti MSN dan Plasa.
Dengan langkah yang sederhana dan fasilitas yang memadai di internet, para netter bisa memilih sendiri layanan diskusi yang di minati. Beberapa server besar yang menyediakan layanan ajang diskusi ini diantaranya adalah Yahoo!Groups dan Googlegroups. Namun selain itu ada juga egroups.com yang merupakan host mailing list gratisan di internet, tempat banyak sekali mailing list Indonesia di internet.
PEMBAHASAN
Mailing list adalah group diskusi dimana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi didalamnya. Kita dapat membaca email orang lain dan mengirimkan balasannya. Secara sederhana, mailing list adalah sebuah daftar alamat-alamat email yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.
Mailing list adalah sarana komunikasi berupa diskusi yang memanfaatkan email sebagai medianya. Untuk dapat bergabung ke sebuah mailing list, seseorang harus mendaftarkan emailnya untuk berlangganan mailing list tertentu. Apabila seseorang sudah berlangganan mailing list. Ketika ada anggota mailing list yang mengirimkan email ke mailing list, maka semua anggota mailing list akan menerima email tersebut.
Penggunaan email untuk forum diskusi kelompok yang besar dengan teknik atau aplikasi mailing list. Mailing list menjadi aplikasi dasar utama dalam pembentukan berbagai komunitas maya.
Menurut E. Krol (1989) mailing list adalah suatu cara bagi para pengguna untuk tetap up to date dalam berita-berita terkini di jaringan internet melalui pengiriman surat elektronik khususnya ketika menerima email akan langsung mengirim daftar email yang lain.
Mailing list digunakan untuk emnggandakan kekuatan email yang memungkinkan seseorang untuk mengirim pesan kepada orang lain yang sama-sama tertarik pada satu kajian masalah. Fasilitas ini menyediakan satu tempat bagi komunitas tertentu untuk saling melontarkan pendapat, berdiskusi melalui elektronik mail atau yang lebih dikenal dengan email.
Mailing list ditemukan tidak begitu lama setelah email diciptakan. Hal ini dipicu dengan penemuan bahwa dengan mengkombinasikan sejumlah alamat email dalam satu alamat saja, memudahkan untuk mengirimkan email kepada sekelompok orang dalam jaringan internet.
Menurut Onno W. Purbo, mailing list merupakan media/sarana komunikasi yang banyak digunakan di internet untuk bertukar pikiran. Mailing list merupakan bentuk dasar dari diskusi secara elektronik yang berbasis elektronik mail.
Onno juga memaparkan ada 7 aplikasi internet yang bisa diaplikasikan di dunia pendidikan, diantaranya: email, mailing list, World Wide Web, file transfer, fax server, video conference dan internet phone. Email digunakan untuk fasilitas surat menyurat secara elektronik, mailing list merupakan pengembangan email untuk sarana diskusi, World Wide Web digunakan untuk menampilkan profil, informasi interaktif maupun statis sebuah institusi atau organisasi, file transfer digunakan untuk mengirim arsip-arsip elektronik, video conference digunakan untuk melakukan pertemuan secara digital, sedangkan internet-phone digunakan untuk melakukan percakapan telepon dengan memanfaatkan internet.
Selain untuk menambah referensi dunia pendidikan, juga untuk memperkenalkan salah satu tool terbaik dalam dunia maya yang telah banyak menciptakan praktisi-praktisi TI yang powerfull dan berkembang cepat dalam hitungan menit, tanpa pernah secara fisik memegang buku, mengikuti workshop, apalagi seminar.
Hal pertama yang harus dilakukan untuk bergabung dalam komunitas milis adalah mencari mailing list yang sesuai dengan keinginan si pengguna. Ini bisa dilakukan dengan mencari melalui server-server mailing list yang menyediakan layanan ini seperti Yahoo groups dan Google groups samapai server buatan anak negeri seperti itb.ac.id.
E. Krol (1989) mengatakan bahwa format umum untuk berlangganan ke sebuah milis adalah dengan mengirimkan email ke alamat mail reflector-nya dengan menambahkan string –subscribe, misalnya: jika pengguna ingin masuk ke dalam bagian mailing list dari Yahoogroups yang reflekasikan oleh faktarbiyah_iainsby@yahoogroups.com, maka pengguna harus mengirikan sebuah email kosong dengan alamat faktarbiyah_iainsby-subscribe@yahoogroups.com. Selain dengan cara ini, untuk beberapa mailing list juga telah menyediakan fasilitas untuk berlangganan dengan cara mengklik tombol “Join This Mailing List” yang tersedia dalam interface servernya, Yahoogroup merupakan salah satu server yang menyediakan fasilitas ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: